Your Shopping Cart
Total Items:
SubTotal:
Tax Cost:
Shipping Cost:
Final Total:

Sabtu, 05 Maret 2016

Perbanyakan Vegetatif Gaharu

Perbanyakan Vegetatif Gaharu
Stek gaharu dilakukan dengan menggunakan teknologi KOFFCO system yang dikembangkan oleh Badan Litbang Kehutanan dan Komatsu. Teknologi ini mengatur kondisi lingkungan, yaitu cahaya, kelembaban, temperatur dan media pada tingkat optimal bagi pertumbuhan.
Bahan stek yang digunakan ini adalah A. malacensis. Bibit stek gaharu dilakukan dalam tiga tahap
penelitian. Perlakuan pada pengujian pertama menggunakan prosedur baku pembuatan stek, yaitu media campuran serbuk kulit kelapa dan sekam padi dengan perbandingan 2:1 dan penyiraman 2 kali seminggu.
Kecambah terbaik dari benih yang langsung dikecambahkan setelah pengunduhan. Namun dengan mengantisipasi penurunan daya kecambah, benih masih dapat disimpan selama dua bulan. Benih gaharu tidak perlu disimpan dalam refrigerator, cukup disimpan pada suhu ruangan. Penanaman bibit cabutan menggunakan sungkup menghasilkan persen tumbuh lebih baik dibandingkan bila tidak menggunakan sungkup.
Media terbaik untuk penyetekan gaharu adalah campuran antara serbuk kulit kelapa dan sekam padi dengan perbandingan 1:1. Penyiraman terbaik dilakukan dua kali dalam seminggu. Pembuatan stek gaharu tersebut dilaksanakan pada rumah kaca dengan KOFFCO system.

Add to Cart More Info

0 komentar:

Posting Komentar